Teknik SEO

SEO adalah usaha-usaha untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik sebuah website dari pencarian search engine melalui berbagai teknik. Dengan kata lain SEO adalah strategi-strategi yang bisa dilakukan para pengembang web untuk membuat situs mereka mudah ditemukan dalam pencarian-pencarian search engine sehingga menghasilkan hit atau ranking yang tinggi.  Secara alamiah makin awal urutan sebuah situs yang dihasilkan pada pencarian search engine atau mesin tinggi ranking situs dalam hasil pencarian, akan semakin banyak pengguna internet yang berkunjung ke situs kita. Teknik SEO dibagi menjadi dua yaitu teknik on page dan teknik off page. Teknik SEO onpage selalu dilakukan dengan cara mengatur dari dalam website atau blog, seperti memaksimalkan keyword dan deskripsi agar lebih mudah diraba oleh mesin pencari Sedangkan teknik offpage adalah pemanfaatan ruang diluar blog. Cara ini dirasa sangat efektif mendongkrak popularitas dari sebuah blog.

Teknik SEO onpage :

Beberapa prinsip dasar optimasi dengan onpage adalah:

  1. Menata meta HTML, seperti membuat korelasi yang dapat antara keyword, deskripsi, dan konten.
  2. Memerhatikan judul artikel tiap kali kita memposting artikel. Judul artikel sangat berpengaruh terhadap proses pencarian pada mesin pencari.
  3. Memerhatikan tiap kata dalam artijel. Pada isi artikel, kita bisa melakukan onpage SEO dengan memperbanyak kata-kata yang mendekati atau sama dengan keyword yang kita miliki.
  4. Mengusahakan kalimat pertama alinea pertama mampu mencakup keyword dan deskripsi blog.
  5. Memberikan kode unik pada beberapa tag HTML.
  6. Memberikan keyword pada tag link.
  7. Memasukkan keyword pada gambar. Tiap kali mengupload gambar di dalam artikel, sebaiknya kita menaruh keyword diantara dua tanda petik (“ ”) setelah teks alt. Hal ini disebabkan sebuah gambar tidak mampu dikenali oleh mesin pencari, untuk itu kita masukkan keyword pada alt untuk mendukung teknik SEO onpage yang kita lakukan.

Untuk mendukung kegiatan teknik SEO onpage, kita dapat memanfaatkan fasilitas google analystic untuk mengetahui tingkat kepadatan trafik dari website atau blog kita. Dengan menggunakan google analystic kita dapat membuat repory tentang trafik website atau blog dalam jangka waktu hariang, mingguan, atau bulanan. Untuk mendapatkan fasilitas dari Google ini, sebelumnya kita harus mendaftar terlebih dulu.

  1. Buka alamat google analystic di https://ww.google.com/analystic/. Bila Anda kesulitan dalam bahasa yang digunaakn. Anda bisa memilih pengaturan bahasa dengan bahasa Indonesia di pojok kanan atas tampila web ini.
  2. Klik Daftar Sekarang bila Anda belum memiliki akun di Google Analystic.
  3. Masukkan alamat email dan password untuk membuka akun baru di google analystic. Kemudian  klik Sign In.
  4. Klik Sign Up untuk melanjutkan registrasi.
  5. Masukkan alamat URL web Anda, kemudian atur Zona Waktu Negara atau Daerah dengan Indonesia kemudian Continue.
  6. Isi data diri Anda, dan klik Continue.
  7. Beri tanda centang dibawah form persetujuan tersebut sebagai syarat Anda mematuhi aturan dari Google analystic.
  8. Kemudian klik buat akun baru, agar Anda bisa masuk ke google analystics.
  9. Setelah masuk ke halaman baru pada halaman ini Anda diminta untuk meletakkan script HTML yang ada pada website atauu blog anda. Jangan klik finish yang ada dibawah form script HTML tersebut, tetapi masuklah kea kun blogger terlebih dahulu. Copy terlebih dahulu script tersebut.
  10. Masukkan kea kun Blogger Anda dan pilih halaman edit HTML Anda.
  11. Kemudian cari kode </head> Anda bisa menggunakan fasilitas Ctrl+F untuk memudahkan pencarian. Kemudian copy kode HTML yang ada pada halaman Gogle analystics tadi dan paste kode tersebut diatas kode </head> yang ada pada halaman Edit HTML pada akun Blogger Anda.

 

About Belajar Seo

Comments are closed.