Apa itu SEO? Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya

By | September 2, 2019

Apa itu SEO?

Tentu sebagian dari anda yang mengunjungi website ini masih belum mengetahui SEO yang akan kita pelajari bersama-sama melalui artikel yang saya tulis. Mungkin juga anda sudah mengetahui definisi SEO namun masih bingung cara menerapkan SEO.

Sebelum kita mulai belajar SEO saya informasikan terlebih dahulu bahwa saya sendiri bukanlah orang yang expert dibidang SEO. Namun saya sangat memiliki ketertarikan akan SEO dan selalu mempunyai ambisi agar setiap artikel yang saya tulis berada di halaman pertama Google.

Jadi tujuan dari website ini bukanlah untuk mengajari anda, melainkan sebagai sarana belajar bersama-sama. Anda juga dapat melihat website dari pakar SEO lainnya sebagai tambahan referensi dalam belajar. Jangan jadikan website ini sebagai kiblat anda dalam mempelajari SEO. Serius, saya hanya seorang pemula.

Oke, sepakat ya kita akan belajar bersama-sama tentang SEO. Jadi nanti jangan ada yang menyalahkan saya, “Mas, kok website saya masih sepi pengunjung, padahal saya sudah menerapkan tips SEO yang sudah diajarkan”. Ingat ya, hasil dari penerapan SEO itu juga tergantung dari beberapa faktor.

Maka dari itu ayo kita belajar SEO dari awal. Pahami dengan benar apa itu SEO.

Apa itu SEO?

Pertama kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari SEO itu sendiri. Dengan mengerti dan memahami SEO maka nantinya anda dapat dengan mudah mengoptimasi website anda dengan teknik SEO yang benar. Sangat disayangkan sekali masih banyak blogger  mengoptimasi websitenya dengan cara asal-asalan. Asal bisa rangking pertama halaman Google apapun dilakukan meskipun caranya terlarang dan berakibat buruk pada websitenya sendiri.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Search Engine artinya mesin pencari dan Optimization artinya optimasi. Mesin pencari yang dimaksud bisa Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lain-lain. Sedangkan optimasi memiliki makna suatu proses usaha untuk mendapatkan hasil ideal dengan nilai yang optimal.

Jadi SEO adalah suatu proses usaha untuk mendapatkan hasil yang optimal pada mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, Yandex). Tujuan akhir yang diharapkan dari penerapan SEO adalah artikel yang kita buat dapat menempati posisi pertama di halaman pencarian, sehingga mendapatkan banyak kunjungan. Jumlah pengunjung ini nantinya bisa anda konversikan menjadi sumber penghasilan.

Sejarah SEO

Sejarah SEO tidak terlepas dari awal mula Google berdiri. Dulu istilah SEO atau Search Engine Optimization pertama kali muncul karena virus spam yang menyusup ke Usenet. Saat ini dunia internet belum memiliki mesin pencari yang canggih seperti sekarang ini, sehingga sangat mudah dimanipulasi oleh hacker.

Pada saat itu banyak programer yang berusaha membuat algoritma sistem pencarian data berdasarkan kata kunci (keyword). Namun ada beberapa orang yang melakukan tindakan ilegal dengan menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi konten yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan peringkat pada situs tersebut. Hal ini menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang menharapkan informasi yang relevan.

Seiring dengan berjalannya waktu, 2 orang yang bernama Larry Page dan Sergei Brin berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mereka membangun Backrub, yaitu mesin pencari sederhana yang mengandalakan perhitungan matematika untuk membuat peringkat sebuah halaman web.

Algoritma tersebut dinamakan Page Rank, mampu menjalankan fungsi matematika yang kompleks untuk menghitung jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web, dengan menganalisis kualitas masing-masing link tersebut.

Selanjutnya pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan tingkat lanjut dari Backrub. Tidak membutuhkan waktu lama, Google memperoleh reputasi  dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas, cepat, dan relevan.

Selanjutnya Page Rank menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi pengelola website agar situs web-nya memperoleh Page Rank tertinggi pada hasil pencarian. Upaya untuk mendapatkan page rank yang baik adalah dengan mengoptimasi website dengan teknik yang kita kenal dengan SEO.

Manfaat SEO

Pada intinya SEO bermanfaat untuk mendongkrak website berada di halaman pertama pencarian Google. Jika suatu website dengan kata kunci yang banyak dicari orang dan berada di halaman satu Google maka bisa dipastikan website tersebut bakal kebanjiran pengunjung. Banyaknya pengunjung yang datang kemudian bisa dikonversikan menjadi sumber penghasilan dengan memasang iklan Google AdSense dan menjual jasa maupun produk melalui website.

Kesimpulannya, SEO merupakan suatu upaya untuk mengoptimasi website agar bisa menempati halaman pertama pada pencarian Google. Kabar baiknya SEO itu GRATIS dan dapat anda pelajari. Dengan menguasai teknik SEO untuk website anda, anda dapat menghemat biaya iklan.

Sekarang anda sudah mengetahui sedikit apa itu SEO, sejarah, dan manfaatnya. Tidak sabar ingin segera mempelajarinya? Tunggu artikel-artikel saya selanjutnya. Namun jangan lupa share artikel ini ke media sosial yang anda punya agar semakin bermanfaat untuk banyak orang.

Nilai artikel ini ?
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *